Optik Tidak Bisa Membaca Disk

Optik adalah piranti di dalam DVD player yang berfungsi untuk membaca kepingan cakram DVD. Jika optic mengalami gangguan atau kerusakan maka hal ini sangat berpengaruh besar karena dapat disimpulkan bahwa optic merupakan inputan / awalan dari sebuah pembacaan data dari kepingan disk. Optic sangat berperan penting di dalam cara kerja sebuah DVD player.

Ada kalanya optik tidak bisa membaca disk bisa karena tiga hal :
1. lensa kotor
2. lensa yang terbakar.
3. kumparan spull yang lemah.

Cara –cara mengatasinya :

1.Jika optic kotor, kita dapat menggunakan disk cleaner. Jika ingin hasil maksimal, buka terus bersihkan menggunakan cotton butt. atas dan bawah lensa optiknya. Kemudian bersihkan juga diafragma penerima sinyal optik (letaknya agak masuk ke samping dalam). Hati-hati, jangan sampai menggores optik!

2.Jika lensa optiknya terbakar, maka kita terpaksa harus menggantinya.

3.Jika kumparan sepulnya yang sudah lemah, disetel lagi ke ukuran standarnya.

4.Kemungkinan focus optic lemah, harus bantu setel focus dengan setelan yang ada di samping optik sedikit-sedikit saja.

5.Kabel flexibel patah sebagian. Ini membuat disc-nya tidak bisa baca ke track tengah sampai terakhir, karena optik menarik ke belakang flexibelnya terputus.


** Kami tidak bertanggung jawab atas segala hal yang timbul yang disebabkan tindakan Anda mencoba berbagai tips yang kami berikan. Alangkah bijaknya, jika Anda kurang kompeten di bidangnya, konsultasikan secara langsung dengan pihak yang lebih ahli

Powered by Blogger